1. Jelaskan mengapa Operai dan Methode memainkan peranan yang angat penting dalam rangka prosess manajemen???
JAWAB :
PENGERTIAN ORGANISASI DAN METODE1
Sebelum menguraikan pengertian organisasi dan metode secara lengkap, terlebih dahulu akan ditinjau secara sekilas arti dari kata organisasi dan metode.
Istilah organisasi dapat diartikan sebagai :
1. Wadah, yaitu sekelompok manusia untuk saling bekerja sama.
2. Proses, yaitu pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien.
Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian organisasi dan metode (secara lengkap) adalah rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
1. Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya,
2. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen,
1. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia, dan
2. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Dari uraian di atas terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara manajemen, organisasi dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.
2. Jelakan hubungan Manajemen dan Tata kerja menurut pendapat anda?
JAWAB :
Menurut saya Tata kerja adalah satu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat. dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya dutujukan untuk :
(1). menghindari terjadinya pemborosan dalam pendayagunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
(2). Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
(3). Menjamin adanya pembaguan kerja, waktu, dan koordinasi yang tepat. Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat dilukiskan seperti di bawah ini:
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-
sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk
pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai
dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
3. Jelaskan mengapa hubungan anajemen, tata kerja dan organisasi bersifat erat?
JAWAB :
Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
1. Manajemen: proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
2. Organisasi: alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
3. Tata Kerja: pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.
4. Gambarkan dengan skema hubungan timbal balik antara manajemen, tata kerja dan orgaisasi menurut versi saudara dan jelaskan hubungannya??
JAWAB :
Manajemen adalah rancangan rencana untuk mencapainya suatu tujuan,
Organisasi adalah sebagai alat untuk mencapainya suatu tujuan tersebut.
tata kerja adalah pola cara bagaimana semua kegiatan kerja sama tersebut dapat berjalan dengan baik. manajemen, organisasi, tata kerja memiliki tujuan yang sama yaitu saling berhubungan demi tercapainya tujuan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar