GUNADARMA

GUNADARMA

Kamis, 12 November 2009

Mengembangkan Komunikasi dalam Bisnis

Mengembangkan Komunikasi dalam Bisnis

Pada waktu saya berkunjung ke Daerah, menemui rekan bisnis yang terjun dibidang usaha tani sayuran yang berlokasi di Garut, salah satu daerah penghasil sayuran di Daerah Jawa Barat, terjadi obrolan singkat perihal komunikasi. Rekan saya bertanya :” bagaimana caranya berkomunikasi yang baik dalam bisnis sehingga saya dapat memperluas rekanan usaha”. Walaupun yang bersangkutan termasuk pelaku usaha yang berhasil namun saya bangga, bahwa dia masih mempunyai keinginan untuk menambah ilmu yang menyangkut hubungan antara orang, khususnya dalam komunikasi bisnis, Pokok – pokok komunikasi yang saya jelaskan sebenarnya mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun tidak ada salahnya saya uraikan selintas mengenai komunikasi tersebut. Harapannya semoga bermanfaat bagi yang ingin menambah wawasan tentang komunikasi.

Akhirnya kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan terhadap rekan bisnis saya yang telah memberikan jamuan makan siang.

- Arti Komunikasi

- Komunikasi adalah : Suatu proses yang terjadi karena adanya kontak dua pihak / lebih, yang menyampaikan pesan dan yang menerima pesan Menjadi sangat penting bila pihak – pihak yang terkait dalam pembicaraan, menggunakan bahasa yang sama Berbagai pesan yang sama, disini terjadi proses, pertukaran ide dan pengalaman dan proses timbal balik.

- Pembicara harus jadi pendengar yang baik, begitu juga pendengar harus jadi pendengar yang baik, untuk terjadinya komunikasi yang efektif ini adalah salah satu kunci berkomunikasi dalam bisnis dan masyarakat .

- Komunikasi Bisnis dapat diaplikasikan dengan berbagai bentuk antara lain:

1. Menulis dokumentasi bisnis termasuk surat – surat, memo dan laporan.

2. Pembicaraan termasuk: wawancara, pertemuan , persentasi, hubungan informal

3. Proses Informasi: termasuk berjabatan tangan kemudian wawancara, berbicara, berjalan – jalan dan sesuatu hal yang berguna.

- Unsur komunikasi yang baik :

Untuk efektifnya suatu komunikasi dapat terjadi, jika pesan yang disampaikan dapat dimengerti oleh penerima pesan, seandainya anda menyampaikan pesan dalam bentuk surat bisnis lakukanlah dengan bahasa surat yang baik, ringkas, tepat dan kena sasaran. Pilihlah kata – kata yang dapat dimengerti oleh yang membacanya, agar mendapatkan respon baik.Caranya untuk menulis yang baik bayangkanlah anda sebagai pembaca dan meneliti apa yang ditulis, bacalah dengan hati – hati dan teliti, hindarilah penggunaan kata – kata yang tidak dimengerti, hindarilah termonologi kata yang tidak ada hubungannya dengan topik surat. Penting diperhatikan menggunakan kata yang sama yang dapat dimengerti oleh penerima surat anda atau pembaca.

Salah satu hal yang penting, kita harus menciptakan persahabatan dalam bisnis, dan bila anda sedang menulis surat lakukan seperti anda melakukan hal yang baik dan bersifat alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar